ASSALAMUALAIKUM
WARAHMATULLAHHI WABARAKATUH
Siapa sih
yang enggak tahu sama MICROSOFT EXCEL 2007?? Tentu tahulah .
Ok, Di
kesempatan postingan ini ibu ibu bapak
bapak mas bro mbak bro dan semua para google lover, baiklah kita akan belajar MICROSOFT
EXCEL 2007 khususnya pada rumus Format
Karakter (LEFT,MID,RIGHT) dan Fungsi Lookup (VLOOKUP,HLOOKUP)
Oh
iya disini saya sedikit basa basi mengenai pengertian dan fungsi Format
Karakter yaitu :
1. LEFT (Mengambil Karakter Kiri).
Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks.
Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
Contoh
: TA89105 : =LEFT(B6,2) :
TA
2. MID (Mengambil Karakter Tengah)
Mid
ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks.
Bentuk
penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars).
Contoh
: TA89105 : =MID(B6,3,4) : 89
3. RIGHT (Mengambil Karakter Kanan)
Right ini
digunakan untuk mengambil
karakter pada bagian
sebelah kanan dari
suatu
teks. Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars).
Contoh
: TA89105 : =RIGHT(B6,5) : 105
FUNGSI LOOKUP :
- 1. LOOKUP
Fungsi
Vlookup ini digunakan
untuk membaca tabel
secara vertical (tegak).
Bentuk penulisannya adalah :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).
- 2. HLOOKUP
Fungsi
Hlookup ini digunakan
untuk membaca tabel
secara horizontal (mendatar).
Bentuk
penulisannya adalah :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup]).
**Tapi
dalam postingan ini kita tidak menggunakan rumus HLOOKUP , Cuma pengenalan aja
.. Hehe
Sebelum memulai mari
kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing tentunya . HEHE *sambil
berharap diberi kelancaran ^_^
SOAL
:
·
Isilah Jurusan,Angkatan,Biaya Per SKS,dan,Biaya :
Sekarang kita akan mengisi kolom
kolom yang masih kosong diatas dengan rumus bukan dengan manual , ingat
mas/mbak bro pakai RUMUS!!
Kita akan menyelesaikan
soal di atas menggunakan Rumus Format
Karakter dan Fungsi VLOOKUP.
Sebelum kita
mengerjakan dan msuk ke rumus alangkah baiknya kita tahu sedikit tentang VLOOKUP yaitu :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
*lookup_value:
data sumber atau data yang diketahui.
*table_array: tabel yang memuat data-data lainnya alias tabel bantu.
*col_index_num: kolom pada tabel bantu yang akan digunakan untuk mencari data.
*range_lookup: diisi dengan FALSE (0) atau TRUE (1)
*table_array: tabel yang memuat data-data lainnya alias tabel bantu.
*col_index_num: kolom pada tabel bantu yang akan digunakan untuk mencari data.
*range_lookup: diisi dengan FALSE (0) atau TRUE (1)
*Disini saya menggunakan (0) yang sama
dengan FALSE karna saya anggap lebih
tepat*
Saat yang
ditunggu langsung saja kita mulai mas/mbak bro =รจ
1.
Kolom “Jurusan” diisi dengan rumus :
=VLOOKUP(LEFT(B6,2),$I$15:$K$19,2,0)
2.
Kolom “Angkatan” diisi dengan rumus :
=VLOOKUP(VALUE(MID(B6,3,2)),$I$7:$J$10,2,0)
3.
Kolom “Biaya Per SKS” diisi dengan rumus :
=VLOOKUP(LEFT(B6,2),$I$15:$K$19,3,0)
4.
Kolom “Biaya” diisi dengan rumus :
=(E6*F6)
5.
Untuk baris-baris di bawahnya, tinggal drag rumusnya ke bawah *klik tahan
lalu tarik kebawah (drag) pada sel yang telah saya beri tanda lingkaran merah J
1.
Kolom Jurusan :
=VLOOKUP(LEFT(B6,2),$I$15:$K$19,2,0)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang
menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan
tabel secara vertikal.
- "LEFT(B6,2)"
adalah data sumber atau data yang diketahui. Maksudnya, patokan kita untuk
mencari data pada tabel bantu adalah 2 karakter pertama dari kiri pada cell B6 (bisa di lihat
di tabel sebelumnya).
- "I15:K19" adalah range tabel bantu yang kita gunakan atau yang telah saya beri tanda merah seperti yang terlihat di bawah . Kenapa dibuat absolut/mengunci (menggunakan tanda $)? Karena pada kolom Jurusan semua data-nya diambil dari tabel I15:K19 yg berada di samping. Untuk menggunakan tanda $ tekan F4 satu kali yaitu untuk mengabsolutkan kolom dan baris sehingga menjadi $I$15:$K$19.
- Kenapa
saya menggunakan angka "2"
karna menunjukkan bahwa kita mengambil data dari kolom ke-2 pada tanda
warna merah.
- "0" adalah range_lookup.
** 0 = False
2.
Kolom Angkatan :
=VLOOKUP(VALUE(MID(B6,3,2)),$I$7:$J$10,2,0)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang
menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan
tabel secara vertikal.
- “VALUE” adalah suatu
rumus yang digunakan untuk mengubah nilai Text yang terdapat pada suatu
cell/baris dan kolom tertentu ke dalam nilai atau format NUMERIK.
- "MID(B6,3,2)" adalah data sumber atau data yang
diketahui. Maksudnya, acuan kita untuk mencari data pada tabel bantu
adalah mulai
karakter ke 3 pada cell B6 (bisa dilihat pada tabel)
sebanyak 2 huruf berikutnya atau di depannya.
- "I7:J10" adalah range tabel bantu
yang kita gunakan atau yang bertanda merah. Kenapa dibuat absolut/dikunci
(menggunakan tanda $)? Karena pada kolom Jurusan semua data-nya diambil
dari tabel I7:J10 atau yang bertanda merah yg berada di samping. Untuk
menggunakan tanda $ tekan F4 satu kali sehingga menjadi $I$7:$J$10.
- "2" menunjukkan bahwa kita
mengambil data dari kolom ke-2 pada tabel I7:J10 atau yang bertanda merah .
- "0" adalah range_lookup.
**0 = False
1.
Kolom Biaya Per SKS :
=VLOOKUP(LEFT(B6,2),$I$15:$K$19,3,FALSE)
- "=VLOOKUP" adalah rumus yang
menunjukkan bahwa kita menggunakan fungsi VLOOKUP alias fungsi pembacaan
tabel secara vertikal.
- "LEFT(B6,2)"
adalah data sumber atau data yang diketahui. Maksudnya, patokan kita untuk
mencari data pada tabel bantu adalah 2 karakter pertama dari kiri pada cell B6.
- "I15:K19" adalah range tabel bantu
yang kita gunakan atau yang telah saya beri tanda merah seperti dibawah .
Kenapa dibuat absolut (menggunakan tanda $)? Karena pada kolom Jurusan
semua data-nya diambil dari tabel I15:K19 yg berada di samping. Untuk
menggunakan tanda $ tekan F4 satu kali sehingga menjadi $I$15:$K$19
- Angka "3" menunjukkan bahwa kita
mengambil data dari kolom ke-3 pada tabel I15:K19 atau yang bertanda merah.
- "0" adalah range_lookup.
**0 = False
1.
Terakhir untuk Kolom Biaya :
=(E6*F6)
- Kolom
Biaya berisi perkalian biasa, yaitu Biaya Per SKS (E6) dikali (*)
dengan Jumlah SKS (F6).
Dan akhirnya semua telah kita isi , INILAH HASILNYA
MAS/BAK BROO!!!!
Catatan:
Jika dengan rumus-rumus yang telah saya gunakan di atas terdapat kesalahan formula, kemungkinan besar terjadi pada pengetikan tanda koma (,) dan titik koma (;) mas/mbak bro coba untuk mengganti semua tanda koma (,) dengan tanda titik koma (;). Tidak semua MS Office Excel 2007,2010,dan 2013 di setiap PC meminta koma (,) sebagai pemisah semua tergantung Pcnya mas/mbak bro. Coba diperiksa lagi di format formulanya ketika mengetikkan formula.
Jika dengan rumus-rumus yang telah saya gunakan di atas terdapat kesalahan formula, kemungkinan besar terjadi pada pengetikan tanda koma (,) dan titik koma (;) mas/mbak bro coba untuk mengganti semua tanda koma (,) dengan tanda titik koma (;). Tidak semua MS Office Excel 2007,2010,dan 2013 di setiap PC meminta koma (,) sebagai pemisah semua tergantung Pcnya mas/mbak bro. Coba diperiksa lagi di format formulanya ketika mengetikkan formula.
Terima Kasih kepada Pak Salahuddin,ST,M.Cs
selaku Dosen Pengampu kami yag telah memberikan tugas yang sangat bermanfaat
untuk kami maupun orang yang telah membaca postingan ini dan juga yang berperan
penting bersyukur kepada ALLAH SWT yang memberikan kelancaran dalam mengerjakan
tugas ini , serta kawan kawan seperjuangan yang telah
memberi masukan-masukan yang membangun.
Sekian Penjelasan Saya Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba . Hehe J
Wassallam.....
ORANG PINTAR KITA
BERAKAL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar